Langsung ke konten utama

Instrumen Pengumpulan Data Penelitian

Apa Saja Metode Dan Instrumen Pengumpulan Data

Instrumen pengumpulan data adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan dipermudah olehnya (Suharsimi, 2004).
Terdapat 5 Metode Dan Instrumen Pengumpulan Data (Suharsimi, 2005) :
1.Angket (Questionnaire)
Angket atau kuesioner merupakan suatu teknik atau cara pengumpulan data secara tidak langsung (peneliti tidak langsung bertanya-jawab dengan responden). Instrumen atau alat pengumpulan datanya juga disebut angket berisi sejumlah pertanyaan atau pernyataan yang harus dijawab atau direspon oleh responden. Sama dengan pedoman wawancara, bentuk pertanyaan bisa bermacam-macam, yaitu pertanyaan terbuka, pertanyaan berstruktur dan pertanyaan tertutup (Cresswell, 2007). Dengan kata lain, angket (questionnaire) adalah daftar pertanyaan yang diberikan kepada orang lain bersedia memberikan respons (responden) sesuai dengan permintaan pengguna.
2. Checklist
Checklist atau daftar cek adalah suatu daftar yang berisi subjek dan aspek-aspek yang akan diamati. Checklist dapat menjamin bahwa peneliti mencatat tiap-tiap kejadian sekecil apapun yang dianggap penting (Sukmadinata, 2006). Bermacam-macam aspek perbuatan yang biasanya dicantumkan dalam daftar cek sehingga pengamat tinggal memberikan cek (ü) pada tiap-tiap aspek tersebut sesuai dengan hasil pengamatannya.
3. Wawancara
Wawancara adalah suatu cara pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi langsung dari sumbernya. Wawancara ini digunakan bila ingin mengetahui hal-hal dari responden secara lebih mendalam serta jumlah responden sedikit. Ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi arus informasi dalam wawancara, yaitu: pewawancara, responden, pedoman wawancara, dan situasi wawancara (Hadeli, 2006). Menurut Nasution (2003: 113), wawancara adalah suatu bentuk komunikasi verbal, jadi semacam percakapan yang bertujuan memperoleh informasi. Bila guru menanyakan siswa tentang keadaan rumah atau petani menyakan seluk beluk pertanian, itu namanya wawancara.
4. Pengamatan (Observation)
Observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan. Apabila objek penelitian bersifat perilaku, tindakan manusia, dan fenomena alam (kejadian-kejadian yang ada di alam sekitar), proses kerja, dan penggunaan responden kecil. Observasi atau pengamatan merupakan suatu teknik atau cara mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung. Observasi dapat dilakukan dengan partisipasi ataupun nonpartisipasi. Dalam observasi partisipasi (participatory observation) pengamat ikut serta dalam kegiatan yang sedang berlangsung, pengamat ikut sebagai peserta rapat atau peserta pelatihan. Dalam observasi non partisipatif (nonparticipatory observation) pengamat tidak ikut serta dalam kegiatan, dia hanya berperan mengamati kegiatan, tidak ikut dalam kegiatan.
5. Tes (Test)
Tes sebagai instrumen pengumpul data adalah serangkaian pertanyaan atau latihan yang digunakan untuk mengukur keterampilan pengetahuan, inteligensi, kemampuan, atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Secara umum tes diartikan sebagai alat yang dipergunakan untuk mengukur pengetahuan atau pengusaaan objek ukur terhadap seperangkat konten atau materi tertentu. Menurut Sudijono (2003), tes adalah alat ukur atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran dan penilaian. Tes dapat juga diartikan sebagai alat pengukur yang mempunyai standar obyektif, sehingga dapat dipergunakan secara meluas, serta betul-betul dapat digunakan untuk mengukur dan membandingkan keadaan psikis atau tingkah laku individu. Dengan kata lain, tes merupakan suatu prosedur yang sistematiuntuk mengamati atau mendeskripsikan satu atau lebih karakteristik seseorang dengan menggunakan standar numerik atau sistem kategori.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Operating System Microsoft, dari DOS hingga Windows 10

sumber gambar : google.com         Microsoft Windows merupakan salah satu sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di dunia, dan juga merupakan salah satu produk hasil pengembangan dan risek dari Microsoft Corporation selama kurang lebih 30 tahunan. Microsoft Windows sendiri, pada pengaplikasian dan prakteknya di dalam dunia sistem operasi kompter mulai dikembangkan berdasarkan data berbasis DOS. DOS sendiri merupakan salah satu sistem operasi komputer yang pada masanya merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan di seluruh komputer. Merupakan kependekan dari Disk Operating Sytem, DOS merupakan sistem operasi komputer yang berjalan dengan menggunakan disk di dalam kmputer. Saat ini apabila kita membeli laptop, maka sistem operasi DOS sudah pasti terinstall di dalamnya. Untuk menjalankan sistem operasi DOS ini, user paling tidak harus memiliki pemahaman mengenai beberapa bahasa dan perintah kompter yang sederhana, hingga kompleks. Bahkan hanya untuk